Membangun sebuah website, entah itu yang kegunaannya sebagai media bisnis online ataupun untuk penggunaan pribadi, perusahaan, organisasi, ataupun yang lainnya pastilah membutuhkan tools untuk menunjang pengembangan websitenya, misalnya:
membeli domain , memasang Google Analitics ,
memasang Google Search Console , selain itu kita juga perlu menggunakan teknik SEO agar website atau blog mudah dicari pada mesin pencarian google.
Menurut Coach
Alfida Husna kalau big why blog isinya ingin curhat aja, apakah masih harus melakukan optimasi SEO? Jawabannya, ya tidak perlu. Tapi, sayang ya sudah bayar domain dan belajar sejauh ini, ilmunya tidak digunakan?
Padahal struktur artikel yang ramah SEO ini memudahkan kita untuk menulis dan tulisan jadi terlihat lebih rapi. Bukannya senang jika tulisan curhat sampai ke pembaca yang merasa relate dengan yang kita tulis? Nggak ada salahnya kan untuk menerapkan SEO? Walaupun kembali lagi ke tujuan ngeblog itu sendiri.
Mari kita mengenal lebih dalam apa itu SEO, macam-macam SEO, manfaat optimasi SEO, dan bagaimana caranya agar artikel kita SEO friendly.
Apa Itu SEO
Search Engine Optimization atau SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan sebuah website agar mendapat peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari google.
SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas agar mendapatkan lebih banyak pengunjung.
SEO mengoptimalkan penggunaan kata kunci agar situs web mudah diindeks oleh mesin pencari. Dengan begitu, situs web memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan peringkat tinggi sesuai dengan relevansi kata kunci yang dicari oleh pengguna.
4 Macam SEO
1. SEO On Page
adalah teknik optimasi yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan konten dan hal-hal teknis yang ada di halaman website.
2. SEO Of Page
teknik optimasi yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan website secara eksternal atau dari luar website.
3. SEO Teknis
Hal yang berkaitan dengan teknis blog seperti kecepatan halaman, struktur data yang nantinya google mengindeks dan memahami apa yang ada di dalam web.
4. SEO Lokal
SEO ini ditujukan untuk bisnis lokal, berbasis lokasi termasuk pendaftaran di Google My Bussiness.
Namun saat ini ada dua jenis SEO yang banyak digunakan, pertama adalah SEO on page dan kedua adalah SEO off page. Keduanya memiliki tujuan yang sama, namun dalam pengaplikasiannya, fokus dari kedua jenis SEO ini berbeda.
Manfaat Optimasi SEO
5 manfaat dari optimasi SEO bagi sebuah web:
1. Meningkatkan Trafik
Munculnya artikel di mesin pencari, membuat user mengklik artikel tersebut. Dengan mengklik, berpeluang besar meningkatkan trafik pada blog. Semakin banyak user yang penasaran dengan artikel kita, maka secara tidak langsung juga meningkatkan lebih banyak pengunjung.
2. Membuktikan Kredibilitas Web
User memiliki kepercayaan pada kredibilitas yang muncul di halaman awal dianggap relevan dan mempunyai kredibilitas yang bisa dipercaya.
Munculnya web di mesin pencari menandakan bahwa google menganggap web kita baik dan informatif dengan keyword yang relevan.
Kita saja kalau mau mencari sesuatu pasti pilih tulisan yang relevan kan? Sesuai informasi yang kita butuhkan.
3. Mendapatkan Target Audiens yang Relevan
Dari optimasi SEO, kita bisa menganalisis kata kunci yang terinput dari hasil pencarian user. Sehingga kata kunci tersebut bisa kita gunakan untuk membuat konten sesuai yang user harapkan.
Website yang tampil di halaman pertama sudah dipastikan memiliki kepercayaan pelanggan lebih tinggi. Itu dikarenakan rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencari dianggap sangat relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user.
4. Meningkatkan Personal Branding
Sering munculnya artikel di mesin pencari, semakin meningkatkan personal branding yang ingin kita tunjukkan.
Pengunjung semakin mengenal blog kita sehingga tertarik untuk membacanya lebih jauh.
Jika website kita berada pada halaman pertama, dapat menarik banyak orang untuk melihat dan secara tidak sadar akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pembaca/pelanggan baru.
5. Meningkatkan Brand Awarness
SEO membuat pemasaran web jadi lebih banyak dikunjungi karena selain memasarkan produk juga memberikan banyak informasi.
Kita dapat memanfaatkan teknik SEO untuk melakukan promosi 24 jam tanpa biaya. Berbeda jika kita menggunakan google ADS yang memerlukan biaya yang extra untuk mendatangkan pembeli.
Artikel SEO Friendly
Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar artikel yang kita tulis SEO friendly:
1. Riset Kata Kunci
Pahami kata kunci yang relevan dengan topik yang akan ditulis.
2. Pilih Topik Yang Sesuai
Topik yang dipilih harus sesuai dengan kata kunci yang digunakan.
3. Gunakan struktur artikel yang jelas,
misalnya:
- Penggunaan heading harus
- berurutan H1, H2, H3, dst.
- Template yang belum SEO friendly
ada double H1
4. Gunakan kata kunci secukupnya dan jangan membuat artikel yang padat keyword. Usahakan artikel berbentuk listicle. Paragraf dibuat singkat, cukup terdiri dari 1-5 kalimat saja. Panjang artikel minimal 800 kata (meski tak ada aturan khusus). Jangan lupa akhiri artikel dengan kalimat CTA (Call To Action) yang bersifat mengajak pembaca untukmengikuti apa yang kita tulis.
5. Tambahkan gambar atau elemen visual lainnya yang relevan dengan topik artikel.
Lakukan juga beberapa hal di bawah ini pada gambar yang akan kita upload:
• Rename file gambar dengan huruf kecil semua dengan diberi tanda hubung "-"
• Seragamkan ukuran gambar di postingan, jangan ada satu gambar yang panjang, satu lagi lebar
• Ukuran gambar 1.350x1.080 pixel, ini ada juga yang menggunakan ukuran 1.280x720 pixel
• Tidak boleh lebih dari 100 kb
• Jenis gambar Webp lengkapi Alt dan tittle gambar
• Sertakan sumber, jika foto bukan milik pribadi
• Buat infografis (jika memungkinkan)
6. Gunakan internal dan eksternal link dengan menambahkan tautan internal dan eksternal untuk menunjukkan hubungan antara artikel.
7. Pahami intent atau tujuan pengguna, seperti: informational, navigational, transactional, dan commercial investigation.
8. Buat judul yang menarik dan tidak berlebihan agar user penasaran untuk mengiklik judul, dan usahakan panjang judul maksimal 65 karekater. Judul juga harus mengandung kata kunci utama.
9. Gunakan permalink (URL) yang singkat dan sederhana.
• Permalink maksimal 75 karakter
dimulai dari huruf "h" di "https"
• Jika custom link, jangan lupa
gunakan tanda "-"
• Link harus punya warna yang
berbeda dengan warna umumnya
• URL mengandung kata kunci utama
• Optimasi URL, tidak boleh mereplikasi judul
• Perbandingan inlink dan ekslink 3:1
10. Buat konten yang berkualitas tinggi agar pengunjung website betah dan ingin membaca hingga selesai dan hindari plagiarisme.
Nah, setelah teman-teman tahu mengenai pentingnya SEO bagi sebuah web atau blog. Jangan lupa, yuk terapkan langkah-langkah di atas untuk website kalian.
Salam dari blogger suka-suka.
Ika Ledjaph_
Siap laksanakan, Kak. Semangat menulis di blognya ya. ☺️🙏
BalasHapus